Minggu, 17 November 2013

INTERNET SERVICE PROVIDER

Perusahaan jasa layanan internet di sebut Internet Service Provider (ISP). Jika ingin menghubungkankomputer ke internet , kita harus menghubungkan computer ke ISP tertentu, kita dikenakan biaya sebagai bayaran atas jasa layanan yang diberikan ISP yang kita gunakan. ISP yang ada di Indonesia tergabung dalam Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII).
Karena banyak ISP yang ada, maka perlu memilih yang memberikan layanan terbaik dan cocok bagi kita, criteria dalam memilih ISP tersebut adalah :
1.      Kecepatan transfer data
Kecepatan transfer data dari sebuah computer server di internetke computer kita sangat tergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan. Satuan kecepatan transfer data adalah bits per second (bps), arytinya berapa bit data yang dipindahkan dari satu computer ke computer lain dalam satu detik. ISP di Indonesia menggunakan modem dengan kecepatan 28.8 kbps, 33,6 kbps atau 56 kbps. Tetapi kecepatan jaringan telep[on yang ada di Indonesia masih berkisar 9,6 kbps hingga 28,8kbps.
2.      Bandwith
Bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang di transfer.
3.      Memiliki server proxy
Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan ini pelanggan dapat membuka website-website favoritnya dengan lebih cepat karena server menyimpan halaman-halaman web yang di kunjungi. Dengan ini pelanggan cukup terhubung dengan server proxy ISP.
4.      Memiliki backbone
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Membuat sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Untuk menghemat biaya, kebanyakan ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain, tetapi hal ini dapat mengurangi kecepatan akses masing-masing ISP
5.      Keamanan data
Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan atau tidak.
6.      Layanan yang diberikan

Kita perlu tahu, layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP. Apakah ISP tersebut memberikan account e-mail, berapa besar account e-mail yang disediakan, apakah e-mail tersebut mendukung POP3, apakah ISP dilengkapi dengan span filter, dan berbagai layanan lainnya.
7.    Biaya
Biaya merupakan salah satu pertimbangan, karena selain membayar untuk akses internet ke ISP, kita juga membayar biaya untuk pulsa telepon. Beberapa ISP memberikan pilihan pembayaran dengan menggunakan system paket, biasanya system ini lebih murah dibandingkan dengan system pembayaran per waktu pemakaian. Tetapi kita perlu mempertimbangkan waktu pemakaian yang kita gunakan dengan siste paket, karena kita harus tetap membeyar walaupun tidak menggunakan internet.
8.       Hardware
Kita juga perlu tahu berapa banyak modem yang dimiliki oleh sebuah ISP, berapa kecepatan modem yang digunakan dan rasio pelanggan per tiap modem karena hal tersebut mempengaruhi layanan yang kita dapatkan dari ISP.
9.       teknologi yang kita digunakan
Kita perlu tahu teknologi apa saja yang dimiliki sebuah ISP, saat ini teknologi kompresi data memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP didukung  oleh teknologi semacam ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar