Senin, 18 November 2013

MEMPRAKTIKKAN AKSES INTERNET

1. Memulai Koneksi ke Internet
Setelah mengatr koneksi ke internet, kita dapat menghubungkan computer kita ke internet.
Langkah-langkah untuk meakukannya adalah sebagai berikut.
a.       Carilah shortcut TelkomNet Instan di desktop. Klik dua kali shortcut tersebut. Kotak dialog Connect TelkomNet akan ditampilkan
b.      Klik tombol Dial
c.       Kadang-kadang proses koneksi bisa gagal, hal ini disebabkan jalur telepon yang sibuk dan sebagainya, jika hal ini terjadi klik Redial.
d.      Bila proses koneksi berhasil, maka akan dilakukan proses verifikasi username dan password. Tunggu sampai proses tersebut selesai.
e.      Bila proses verifikasi username dan password berhasil, maka akan dilakukan registrasi computer kita ke internet. Tungu sampai proses tersebut selesai.
f.        Bila proses registasi selesai, maka kotak dialog Conneting TelkomNet akan ditutup dan akan muncul ikon TelkomNet taskbar. Di ikon tersebut juga akan ditampilkan kecepatan akses kita ke internet.
g.       Selanjutnya kita bisa menggunakan internet.
2. Mengakhiri Koneksi ke Internet
Apabila kita sudah selesai bekerja dengan internet, maka kita harus memutuskan koneksi kkomputer kita ke internet. Jika tidak maka jumlah tagihan kita akan terus berjalan.
Langkah-langkah untuk memutuskan koneksi ke Internet adalah sebagai berikut
a.       Klik ikon TelkomNet di taskbar. Kotak dialog akan ditampilkan.
b.      Pada kotak dialog kita dapat melihat lama koneksi dan kecepatan akses. Klik tombol Disconnect untuk menghntikan koneksi ke internet ataau klik tombol cancel untuk kembali bekerja ke internet.
3. Membuka Internet
Untuk mengakses website, kebanyakan orang banyak menggunakan internet Explorer sebagai softwere web browser. Untuk membuka website kita dapat melalukan beberapa langkah berikut.
a.       Klik Start > All progam > Internet Explorer, atau
b.      Klik ganda ikon Internet Explorer yang ada di desktop.
c.       Setelah kita melakukan salah satu langkah di atas, computer akan menampilkan windows Internet Explorer  sebagaimana tampilan di bawah ini.


Apabila kita perhatikan Windows Microsoft Internet eksplorer diatas ada 4 komponen utama, yaitu
1.      Menu Bar
Menu bar terdiri atas menu File, Edit, View, Favorites, Tools, Help. Semua menu ini mengandung beberapa sub menu. Menu File mengandung submenu untuk membuka dokumen HTML yang kita buat dan di dalam hardisk ( open ); submenu untuk menyimpan dokumenyang kita kunjungi ke dalam hardiks, disket, dan USB driver ( Save );  submenu untuk mencetak halaman web yang kita kunjungi ( Print ). Menu edit untuk melakukan perubahan ( Cut, Copy, Paste, dan Paste special ) terhadap web tertentu.
Menu View mengandung submenu untuk mengatur besarnya ukuran huruf ( Text Size ); Submenu untuk menyesuikan bahasa yang digunakan sebuah website ( Enconding ). Menu Go To untuk mengarahkan ke halaman tertentu. Menu Favorite mengandung submenu untuk memasukkan alamat wesite ke halaman tertentu untuk dapat ditemukan kembali dengan cepat jika diperlukan. Organize Favorites mengorganisir penempatan folder sesuai dengan selera mensetting Internet Eksplorer. Menu Help untuk mencari bantuan jika kita mengalami kesulitan menggunakan Internet Explorer.

2.       Standart Button

Standart button berisi ikon-ikon standart yang sering kita gunakan saat kita berhubungan dengan internet
a.       Back : kembali ke halaman sebelumnya yang telah kita buka sebelumnya
b.      Forward : maju dari halaman yang sedang kita lihat ke halama selanjutnya.
c.       Stop : berhenti dan menuju ke halaman yang sedang diproses.
d.      Refresh : memproses kembali halam yang mungkin sedang macet di tengah.
e.      Home : kembali ke halaman website yang kita jadikan halaman utama ( homepage )
f.        Search : mencari web site yang ingin kita kunjungi atau yang telah kita kunjungi.
g.       Favorites : memasukkan alamat web site ke folder favorites agar dapat kita kunjungi kembali di masa mendatang dengan mudah.
h.      histor y :semua web site yang kita kunjungi akan dimasukkan ke dalam memori agar dapat dibuka kembali saat kita terhubung ke internet. Menu ini dapat menghemat biaya telepon kita.
i.         E- mail : Digunakan untuk membaca e-mail dan berita
j.        Print : Digunakan untuk mencetak halaman web yang sedang dibuka.
k.       Edit : Digunakan untuk menampilkan perintah pada halaman HTML untuk diedit.

3.   Address Bar
Address Bar untuk mengetikan alamat situs web yang kita jenguk. Misalnya, kita ingin mengunjungi situs jurusan teknologi Informasi di ITB, maka ketikkan www. Itb.ac.id lalu tekan enter. Jika lita sedang mengarahkan penunjuk mouse ke satu kata , kalimat, ikon atau gambar sehingga bentuk mouse berubah menjadi gambar tangan yang sedang menunjuk, berarti kata, kalimat, ikon atau gambar tersebut dapat kita klik dan kita bawa ke halaman lain. Kata,kalimat,ikon atau gambar disebut dengan istilah hyperlink atau biasa disingkat dengan link. Kehadiran hyperlink membuat situs web menjadi kaya dan padat informasi.
  1. 4.       Status Bar

          Status bar uubtuk menampilkan alamat hyperlink yang sedang kita sorot.

1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site Review
    LuckyClub is a new gambling site that you can find at Lucky Club. and luckyclub.live are able to download the app for Android, iOS and Mac. Read more. Rating: 5 · ‎Review by LuckyClub.com

    BalasHapus